Tentang Jerawat Batu, Benjolan Besar Mirip Bisul yang Sulit Hilangnya. Bekasnya Bikin Trauma

Tentang Jerawat Batu, Benjolan Besar Mirip Bisul yang Sulit Hilangnya. Bekasnya Bikin Trauma

Milleur Beauty - Kemunculan jerawat di wajah emang paling buat sebal dan insecure. Apalagi kecuali yang nampak adalah jerawat batu. Dibandingkan jenis jerawat lain, jerawat batu yang bentuknya serupa bisul ini terhitung yang paling sukar diatasi. Jerawat batu terhitung sanggup tumbuh di mana saja, tersedia jerawat batu di hidung, jerawat batu di pipi, atau jerawat batu di dahi. Nah, yang paling kerap adalah kemunculan jerawat batu di dagu.

Apa sih memang jerawat batu itu? Kok sanggup keras banget gitu?

Milleur Beautycare Jember | Lapak Skincare Jember - Sebagian besar jerawat terbentuk dikala sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri menutup pori-pori. Sedang jerawat batu adalah peradangan kulit lumayan kritis yang berlangsung gara-gara penyumbatan dan infeksi bakteri terhadap lapisan kulit yang lebih dalam. Itulah kenapa jerawat batu lebih besar, keras, memerah, kadang bernanah, dan lebih lama hilangnya. Rasanya terhitung lebih sakit dikala disentuh. Belum lagi jerawat batu ini kerap nampak tanpa ada mata jerawat, makanya lebih lama masak dan lebih sukar dihilangkan. Kalau di dunia medis, jerawat batu terhitung dikenal sebagai jerawat kistik.

Kalau nggak langsung ditangani, biarpun hanya jerawat batu kecil, peradangan di lapisan kulit terdalam sanggup menyebar yang membuat pecahnya pori-pori. Akibatnya, peradangan dapat menyebar ke jaringan kulit sekitarnya dan membuat kemunculan jerawat batu yang baru. Jerawat batu jadi jadi banyak dan jadi perlu kala untuk sembuh.

Kunjungi Situs : Milleur Beautycare Jember

Ciri-ciri jerawat batu dan gejala yang membedakannya bersama dengan jerawat lain. Awas, jangan keliru menangani.

Secara umum, tanda-tanda jerawat batu adalah benjolan merah besar menyerupai bisul. Teksturnya lunak dan seringnya sakit kala disentuh. Adapun gejala yang dapat mulai seperti benjolan besar merata tanpa mata atau puncak putih serta nanah yang dapat nampak setelah jerawat masak dan pecah. Sedihnya, jerawat ini sanggup bertahan selama berminggu-minggu lebih-lebih hingga berbulan-bulan. Setelah pecah, jerawat ini terhitung membuat kulit untuk membuahkan sel pigmen baru yang buat bekas jerawatnya lebih lama hilang. Warna kulit bekas jerawat terhitung dapat jadi lebih gelap. Nggak heran kecuali tersedia yang menyebutkan jerawat batunya beralih jadi jerawat batu hitam setelah pecah.

Meskipun jerawat batu biasa dijumpai terhadap bagian wajah,  jerawat ini terhitung sanggup menyerang bagian lain seperti jerawat batu di leher, jerawat batu di punggung, atau di area belakang telinga.

Biar lebih berhati-hati di dalam mencegah jerawat batu, kenali lebih dari satu aspek yang kerap jadi penyebab kemunculan jerawat batu

Ada lebih dari satu aspek yang membuat kemunculan jerawat batu, pada lain:

1. Pori-pori tersumbat

Penyumbatan ini berlangsung gara-gara ada minyak terhadap wajah, kotoran, bakteri, hingga penumpukan sel-sel kulit yang kritis hingga ke jaringan kulit bagian di dalam supaya membuat timbulnya jerawat batu.

2. Perubahan hormon

Selama pubertas, kadar hormon androgen meningkat mencolok supaya membuat peningkatan mengolah sebum dan pertumbuhan sel-sel kulit jadi lebih cepat. Hal ini sanggup membuat kemunculan jerawat batu. Perubahan hormon ini nggak melulu gara-gara puber, sanggup terhitung perihal bersama dengan lebih dari satu faktor, seperti siklus menstruasi, kehamilan, kontrol kelahiran, pemanfaatan obat terapi hormon, dan stres. Nggak cocok bersama dengan kosmetik spesifik terhitung sanggup memancing timbulnya jerawat batu.

3. Tingkat kelembaban dan keringat yang tinggi

Memiliki suasana tubuh yang gampang berkeringat sanggup membuat kulit gampang berjerawat gara-gara pori-pori dapat lebih gampang terbuka supaya kotoran dan bakteri terhitung gampang masuk ke di dalam kulit.

4. Faktor genetik

Kemungkinan gen yang diturunkan dari orang tua yang miliki kasus jerawat terhitung sanggup alami penurunan ke bagian keluarga lainnya.

5. Penggunaan obat

Penggunaan obat dan bahan kimia, seperti kortikosteroid, litium, fenitoin, dan isoniazid, sanggup memperburuk atau membuat timbulnya jerawat batu.

Jangan khawatir berlebihan dulu, berikut lebih dari satu cara mengatasi jerawat batu yang membandel di wajahmu. Jerawat batu nggak sanggup disembuhkan secara tuntas hanya bersama dengan kenakan obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Kamu harus konsultasikan ke dokter kulit atau ahli dermatologis.

Berikut lebih dari satu cara menghalau jerawat batu yang mengeras sekaligus mencegah bekasnya melalui obat-obatan.


1. Antibiotik

Selain sanggup membantu mengontrol bakteri, antibiotik terhitung sanggup meringankan peradangan terhadap jerawat batu. Tapi tersedia pula jerawat yang kebal terhadap antibiotik. Antibiotik umumnya diberikan di dalam bentuk tablet, bersama dengan jenis dan dosis berdasarkan usia, jenis jerawat, dan suasana jerawat. Pemberian antibiotik sanggup dikombinasikan terhitung bersama dengan obat-obatan lain, jika obat oles yang memiliki kandungan benzoyl peroxide.

2. Asam salisilat dan asam azelaic

Asam salisilat dan asam azelaic miliki karakter antibakteri yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan terhadap folikel rambut yang sanggup membuat jerawat. Biasanya bahan-bahan ini terkandung di dalam skincare untuk jerawat batu.

3. Dapsone

Obat ini umumnya diberikan untuk kasus jerawat yang meradang, umumnya terhadap perempuan dewasa.

4. Isotretinoin

Kebanyakan orang sukses menghalau jerawat batu di kulit mereka secara permanen dan tuntas bersama dengan isotretinoin yang bermanfaat menekan mengolah kelenjar minyak di kulit dan kurangi peradangan. Konsultasikan terhadap dokter kulit khususnya dahulu untuk penggunaannya gara-gara obat ini terhitung berisiko menyebabkan lebih dari satu pengaruh samping yang serius.

5. Pil kontrasepsi

Beberapa jenis pil kontrasepsi terhitung sanggup digunakan sebagai terapi jerawat terhadap perempuan. Namun, pemanfaatan ini hendaknya senantiasa dibarengi bersama dengan obat jerawat lainnya melalui konsultasi dokter.

6. Spironolactone

Spironolactone bekerja bersama dengan cara mencegah mengolah hormon androgen terhadap kelenjar minyak di kulit. Obat ini umumnya diberikan terhadap remaja perempuan kecuali antibiotik oral nggak mendatangkan hasil.

7. Retinoid

Dokter umumnya dapat mengimbuhkan obat-obatan jenis krim, gel, atau salep yang memiliki kandungan retinoid (vitamin A) untuk membuat sembuh jerawat. Obat jerawat batu paling ampuh ini sanggup mengatasi pori-pori yang tersumbat sekaligus membantu obat antibiotik untuk sanggup bekerja secara maksimal.

Cara menghalau jerawat batu supaya nggak nampak lagi nggak melulu bersama dengan mengkonsumsi obat-obatan atau mengfungsikan obat oles seperti di atas, tetapi terhitung harus diimbangi bersama dengan perubahan style hidup yang sehat dan higienis. Misalnya cuci wajah tiap 2 kali sehari, jauhi mengfungsikan scrub wajah, jangan dulu memencet jerawat, kerap tukar seprai, tidur cukup, luangkan kala untuk berolahraga dan jauhi stres. Niscaya jerawat nggak bakalan balik-balik lagi di wajahmu. Percaya deh!

Komentar